Home » » Bunga Bangsa, Bupati Pamekasan Deklarasi Desa ODF

Bunga Bangsa, Bupati Pamekasan Deklarasi Desa ODF

Written By Admin on Senin, 08 Juni 2015 | 20.37

Pamekasan - Pemerintah kabupaten pamekasan mendeklarasikan Stop Buang Air Besar/BAB Sembarangan atau Desa Open Defecation Free (ODF).Pendeklarasian tersebut dilaksanakan di sela-sela program Bupati Mengajak Masyarakat Bangun Desa (Bunga Bangsa) di Desa Dabuan, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Minggu (7/6/2015).

Deklarasi Desa ODF dihadiri Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Mohammad Yunus, Kepala Bidang (Kabid) Penyehatan Lingkungan Dinkes Jatim, Edy Basuki, Bupati Pamekasan, Achmad Syafii dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Pamekasan, kepala bagian, camat, kepala desa se-Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Bunga Bangsa, Bupati Pamekasan Deklarasi Desa ODF, Buapti Pamekasan, Makan Bareng Buapti Pamekasan
Bupati Pamekasan, Achmad Syafii mengatakan, Desa ODF merupakan bagian dari program Bunga Bangsa dengan mengajak masyarakat memperbaiki sanitasi dengan merubah prilaku masyarakat jangan membuang air besar di sembarang tempat.“Kalau kita sudah pasang baliho dan deklarasikan Desa ODF, harus betul-betul ditindaklanjuti dan dipertahankan, serta riil di lapangan. Saya sewaktu-waktu nanti akan mengajak Kadinkes Pamekasan untuk mengecek langsung ke lapangan,” kata Achmad Syafii.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ismail Bey mengatakan, sebanyak 88 Desa dan Keluarahan dari 189 Desa dan Kelurahan di Pamekasan, dinyatakan sebagai desa bebas Buang Air Besar (BAB) Sembarangan atau Desa Open Defecation Free (ODF).

Menurut Ismail Bey, saat ini dari 13 kecamatan, sudah 11 kecamatan yang dinyatakan Desa ODF, yakni Kecamatan Kadur, Galis, Pamekasan, Pademawu, Tlankan, Larangan, Proppo, Batumarmar, Pegantenan, Waru dan Kecamatan Palengaan. “Maaf untuk Desa Dabuan masih belum dinyatakan desa bebas buang air besar di sembarang tempat. Karena itu, marilah pada tahun ini, Desa Dabuan harus menjadi desa ODF,” pungkasnya.

Sumber : Madura FM
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MADURA PORTAL NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger